Genjot Ekonomi Rakyat, Pemkab Morotai Manfaatkan Muatan Balik Tol Laut

Liputan6.com, Jakarta. Selain menekan disparitas harga antara daerah, Program Tol Laut yang digagas Presiden Joko Widodo juga mampu meningkatkan perekonomian masyarakat. Caranya dengan mengoptimalkan muatan balik kapal sehingga produk asli daerah setempat dapat dipasarkan ke luar pulau.

Ini seperti yang dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pulau Morotai. Keberadaan Tol Laut membuat masyarakat Pulau Morotai sangat terbantu dalam memenuhi kebutuhan pokoknya berupa makanan, material bahan bagunan dengan harga yang terjangkau.

Tidak hanya itu, untuk meningkatkan pendapatan rakyat, Pemkab Pulau Morotai juga mengoptimalkan pemanfaatan muatan balik dengan memasarkan produk yang dihasilkan oleh masyarakat.

Ini dijelaskan Bupati Pulau Morotai, Benny Laos, yang menuturkan jika daerahnya telah mendapatkan pelayanan Tol Laut selama tiga tahun, sejak 2017.

Secara keseluruhan hasilnya sudah cukup baik, walaupun diharapkan adanya penyempurnaan aturan sehingga pelayanan ini dapat lebih dirasakan oleh masyarakat.

“Pengisian muatan balik merupakan program prioritas Pemkab dan kami tidak hanya mengajak tapi juga mendorong bahkan memfasilitasi masyarakat dengan memberikan kemudahan dan insentif. Hasil masyarakat tersebut di jual ke pulau Jawa melalui Surabaya sesuai tujuan kapal Tol Laut dari Morotai ke Surabaya,” kata dia dalam keterangannya, Senin (11/5/2020).


(ADS) Smart Logistics Indonesia 2021 adalah pameran logistik terintegrasi. Jika anda tertarik untuk mempelajari dan mendapatkan informasi lebih lanjut silahkan download Sales Prospectus 2021 secara gratis klik di link ini dan jika tertarik menjadi eksibitor, tinggal klik link ini untuk informasi lebih lanjut bisa hubungi +62 21 2263 8635 atau info@smartlogistics.id


Source : Supplychainindonesia.com

Share this post