Kemenkop dan BUMN Logistik Segera Luncurkan Aplikasi Pangan untuk UMKM

Merdeka.com – Kementerian Koperasi dan UKM terus mematangkan rencana pengadaan aplikasi digital di sektor pangan untuk para pelaku UMKM. Menjalankan rencana ini, kementerian telah menggandeng dua Badan Usaha Milik Negara (BUMN) logistik, yakni PT Berdikari (Persero) dan PT Bhanda Ghara Reksa (Persero) atau BGR Logistics.

Penyediaan aplikasi digital tersebut termasuk dalam rencana perluasan program Warung Tetangga yang diinisiasi oleh Kementerian Koperasi dan UKM.

Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki mengatakan, saat ini timnya tengah menggodok inisiatif tersebut. Untuk tahap awal, dia memproyeksikan implementasinya pada wilayah Jabodetabek.

“Kita akan bikin piloting dulu, mungkin di Jabodetabek. Ini masih digodok, sistemnya sudah, saya kira lagi dibicarakan dari aspek pembiayaan. Tunggu launching-nya,” ujar Teten di Pasar Rawamangun, Jakarta, Selasa (23/6).

Menurut dia, pengadaan aplikasi tersebut berawal dari ide akan keresahan pelaku UMKM kecil yang kerap kesulitan memperoleh bahan pangan karena kalah bersaing dengan perusahaan besar.

“Saya memang banyak keluhan dari para pedagang sembako di pasar, termasuk warung-warung sembako yang menyebar di lingkungan RT/RW. Mereka kesulitan mendapatkan barang-barang dagangan dan mereka kalah bersaing dengan ritel modern,” paparnya.

Saat ini, Kementerian Koperasi dan UKM terus coba mengembangkan ide bagaimana agar bisa bekerjasama dengan BUMN pangan dan juga bank penyalur untuk menyuplai kebutuhan bahan pangan seperti sembako.

“Supaya mereka juga bertahan. Di BUMN ada BGR, perusahaan logistik juga sudah mengembangkan aplikasi digitalnya. Jadi ini saya kira akan segera direalisasikan,” tukas Teten.


(ADS) Smart Logistics Indonesia 2021 adalah pameran logistik terintegrasi. Jika anda tertarik untuk mempelajari dan mendapatkan informasi lebih lanjut silahkan download Sales Prospectus 2021 secara gratis klik di link ini dan jika tertarik menjadi eksibitor, tinggal klik link ini untuk informasi lebih lanjut bisa hubungi +62 21 2263 8635 atau info@smartlogistics.id


Source : Merdeka.com

Share this post